Advertisement

Pentingnya Servis Motor Sebelum Berwisata ke Gua Kreo Semarang

Halo Pejalan Santai,

Beberapa minggu lalu, aku dan suami pergi kondangan di Gunung Pati naik sepeda motor. Daerah Gunung Pati di Semarang terkenal dengan medannya yang cukup menantang karena berada di daerah perbukitan. Jalanan menuju rumah pengantin perempuan, tempat acara berlangsung berkelok-kelok dan mendaki.

Pentingnya Oli untuk Keawetan mesin motor

Sudah rapi jali, mengenakan pakaian kondangan berangkatlah kami berdua. Daerah Gunung Pati ini ada beberapa tempat wisata menarik lho. Diantaranya Gua Kreo di tepi Waduk Jatibarang, Desa Wisata Kandri, serta Pemancingan dan Kolam Renang Ngrembel Asri.

Sebelum ke kondangan, kami berdua sempat mampir ke Gua Kreo untuk bersantai sejenak. Sudah lama kami tidak main ke sana. Asyik juga piknik tipis-tipis tak terencana seperti ini.

Gua Kreo dan Waduk Jatibarang

Gua Kreo adalah wisata yang populer di Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Gua Kreo ini terkenal dengan ratusan kera yang menghuni wilayah ini. Jadi, tak hanya Sangeh di Bali yang ada ratusan kera ya.

Berlokasi di Jalan Muhammad Yamin, Gunung Pati, kamu bisa melihat gapura yang menunjukkan tulisan Gua Kreo. Gua Kreo ini lekat sekali dengan legenda yang berkaitan dengan Sunan Kalijaga, wali yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa.

Pentingnya Oli untuk Keawetan mesin motor
Gua Kreo di Semarang (Foto: kandri.semarangkota.go.id)

Menurut legenda, Gua Kreo adalah tempat petilasan para Sunan antara lain Sunan Kalijaga dan Sunan Ampel. Para Sunan ingin membangun masjid di Demak dan menebang pohon untuk bahan bangunannya. Saat akan menebang pohon, tak disangka, Sunan Kalijaga bertemu kera-kera berbagai warna. Ia menlihat dengan mata kepala sendiri ada kera berbulu merah, hitam, kuning hingga putih!

Ya, ada beberapa relief di jembatan menuju Gua Kreo yang menggambarkan Sunan Kalijaga bertemu kera merah, kera hitam dan kera kuning dan kera putih. Masing-masing warna kera ternyata ada maknanya, Lur. Kera putih artinya kesucian, kera kuning berarti angin, kera merah berarti keberanian dan kera hitam melambangkan tanah subur. Wah maknanya dalam sekali ya.

Nah, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah waduk Jatibarang yang menyejukkan. Selain memancing, pengunjung juga bisa berwisata air di sana seperti naik perahu dan speed boat.

Pentingnya Oli Motor

Setelah bersantai dan bercengkrama dengan kera-kera, kami melanjutkan perjalanan menuju tempat kondangan. Duh, di tengah jalan ada insiden. Motor suamiku mogok. Untungnya, ada bengkel kecil tak jauh dari tempat motor kami mogok. 

Setelah diperiksa, ternyata oli motor suamiku sudah saatnya diganti. Ya, lupa mengganti oli motor kedengarannya sepele. Padahal, terlambat mengganti oli motor bisa mengakibatkan kerusakan mesin sepeda motor. Akibatnya, butuh biaya lebih besar untuk perbaikannya.

So, ingat ya Pejalan Santai. Selalu periksa kendaraan kamu sebelum melakukan perjalanan. Jangan sampai mengalami kejadian seperti kami. Lebih baik lagi kalau kamu rutin melakukan servis motor kesayanganmu.

Menurut teknisinya, oli motor harus diganti setiap motor menempuh 4000 km atau setiap empat bulan sekali. Atau mana yang lebih dulu tercapai. Beberapa tahun terakhir, ada pabrikan yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester.

Pentingnya Oli untuk Keawetan mesin motor

Jadi, jangan sampai kamu lalai dan lupa mengganti oli motor ya. Sayang banget kalau motor kesayanganmu sampai rusak karena lupa mengganti oli mesin.  

Sebenarnya apa sih fungsi oli motor? Ternyata, oli motor berfungsi untuk melindungi mesin motor dari korosi akibat cuaca dan polusi. Selain itu, oli motor juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Tak hanya itu, oli juga berfungsi membersihkan sisa-sisa pembakaran dalam mesin. Ternyata, fungsi oli motor sangat krusial untuk keawetan mesin motor kita, ya.

Servis Motor di Planet Ban

Sejak itu, suamiku selalu rutin melakukan servis atau perawatan kendaraan di Planet Ban yang berlokasi di Banyumanik, Semarang. Selain memeriksa oli mesin, mekanik juga memeriksa oli gardan, busi, kampas rem, filter udara, aki, hingga ban motor. Mekanik juga melakukan tune up motor rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen motor misalnya memeriksa tekanan ban, kondisi lampu dan lainnya. Saat tune up rutin, adakalanya disertai dengan ganti oli mesin atau ganti sparepart atau lainnya. Tak usah khawatir, para mekanik akan menginformasikannya terlebih dulu pada kalian. 

Kelebihan melakukan servis motor di Planet Ban dibandingkan bengkel lainnya adalah kebersihan mesin. Seluruh bagian mesin kendaraanmu akan dibersihkan dengan seksama hingga kamu seperti memiliki mesin baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, dan piston semuanya bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran lainnya. Hasilnya, tarikan motor kita lebih ringan, emisi turun lebih dari 70%, dan tentu saja jadi lebih hemat bahan bakar. Senangnya!

Bagaimana biayanya? Tenang saja, Biaya service motor di Planet Ban terjangkau. Untuk servis motor injeksi Rp20.000. Servis CVT Rp19.500 hingga servis throttle body pun hanya Rp20.000. Jika sepeda motor kita terawat, berwisata ke manapun akan lebih aman dan tenang ya, Pejalan Santai!

 

Post a Comment

2 Comments

  1. Siiiiip, memang kudu rajin tup olie, Hehehe....Oh iya, emang apik ya ke Planet Ban itu

    ReplyDelete
  2. Wah iya ya, kalau mau ke Goa Kreo kudu servis motor dulu biar mesinnya maksimal. Lha effort menuju ke sana juga lumayan banget ya

    ReplyDelete