Advertisement

Serunya Main Game Solitaire Saat Staycation di Hotel

Halo Pejalan Santai,

Sudah merencanakan staycation atau liburan ke mana bulan ini? Bulan lalu, aku menulis rekomendasi hotel Rooms Inc di Semarang. Sudah ada yang booking kamar di sana? 

Akhir-akhir ini, staycation menjadi liburan alternatif yang diminati banyak orang. Apa sih sebenarnya staycation? Staycation adalah gabungan dua kata bahasa Inggris yaitu stay dan vacation. Artinya sih, berlibur di tempat yang tak jauh dari rumah. Alasannnya ingin refreshing tapi tak butuh perjalanan jauh atau waktu yang panjang karena terbatasnya waktu dan biaya. 

Baca Juga: Relaksasi di Sanasya Salon

Serunya main game solitaire saat staycation di hotel

Sekarang, staycation mengerucut artinya jadi berlibur di hotel atau vila yang tak jauh dari rumah. Liburan singkat menginap di hotel ini memang menyenangkan. Selain biayanya lebih terjangkau, kegiatan yang kita lakukan di hotel pun cukup untuk melepas stres dan menghibur kita sejenak dari kesibukan sehari-hari. 

Nah, buat kalian yang ingin staycation biasanya melakukan kegiatan apa saja di hotel tempat kalian menginap? Masa main Instagram atau Twitter saja di kamar? Sama saja pindah tidur doang yaa! Hehe. Nah, biar tidak mati gaya ada beberapa tips kegiatan staycation di hotel yang bisa kalian tiru. Semoga bermanfaat ya!

1. Rebahan Sepanjang Hari

Ya, tujuan staycation adalah beristirahat dari kesibukan bekerja, atau sekolah. Biasanya staycation ini kita manfaatkan untuk rebahan dan bersantai sepanjang hari. Hehe. Nggak apa-apa, sah-sah saja kok untuk cooling down dan tidak melakukan apa pun. Berikan tubuh kita haknya untuk beristirahat. 


Serunya Main Game Solitaire Saat Staycation di Hotel

2. Berenang

Biasanya aku memilih hotel yang ada kolam renangnya untuk staycation bersama keluarga. Jadi, tak ada lagi yang namanya mati gaya karena kita bisa memanfaatkan fasilitas hotel seperti kolam renang dan waterboomnya. Seru kan! Jangan lupa bawa peralatan berenang pribadi seperti baju renang, handuk, dan sunscreen. 

3. Jogging dan Gym

Biasanya, hotel besar memiliki fasilitas jogging track dan gym sendiri. Mumpung gratis, manfaatkan ya, Pejalan Santai. Kalian bisa jogging atau nge-gym bareng keluarga dengan fasilitas gym di hotel. Jalan-jalan pagi di jogging track atau jalan sekitar hotel juga seru, kita bisa berolahraga sambil menghirup udara pagi yang segar. Apalagi, kalau kita menginap di hari minggu ada Car Free Day, jajan kita! Haha. 

4. Jalan-jalan

Ya, selain kolam renang, biasanya aku memilih hotel yang lokasinya strategis di tengah kota. Alasannya, biar nanti kami bisa jalan-jalan tanpa harus keluar biaya besar. Misalnya nih, hotel Rooms Inc letaknya di Jalan Pemuda Semarang. Kamu bisa berjalan-jalan ke Lawang Sewu dan Kota Lama, juga ke beberapa mal dekat hotel. Tidak butuh biaya besar untuk naik taksi online karena lokasinya dekat. Asyik, kan? 

5. Perawatan Tubuh

Namanya staycation, kita ingin bersantai sejenak kan dari rutinitas sehari-hari. Waktunya memanjakan tubuh nih dengan pijat dan lulur di spa. Atau melakukan perawatan rambut di salon. Biasanya, hotel menyediakan spa khusus pelanggan yang nyaman. Ya, harganya memang agak lebih mahal dibandingkan spa biasa. Tapi, asyik juga untuk dicoba. Atau kamu bisa perawatan di salon atau spa di dekat hotelmu. Jadi, harganya lebih miring ya. 

6. Bermain Solitaire

Bermain game saat staycation juga tak kalah menyenangkan, lho. Kamu bisa memilih jenis game yang tidak rumit dan memusingkan. Game klasik adalah solusinya ya. Tidak butuh mengunduh aplikasi yang berat di ponselmu. Kamu bisa memainkan game klasik di laptopmu. 

Serunya Main Game Solitaire Saat Staycation di Hotel

Salah satu pilihan game klasik yang kusukai adalah main solitaire. Iya, solitaire! Game jadul yang sudah tersedia sebagai bonus di komputer Windows Microsoft pada tahun 1990. Ayo, siapa yang sempat curi-curi main solitaire ini di sela-sela kesibukan bikin tugas Bahasa Indonesia di komputernya? Bandel ya! Haha. 

Nah, di web solitaire.org, kamu bisa memainkan banyak game klasik yang seru. Selain berbagai jenis permainan solitaire, ada pula game mahjong, card, hidden object, match, logic puzzles dan permainan word. Seru kan? Kamu nggak bakalan bosan karena jenis permainannya banyak! Sekarang, aku ingin berbagi permainan solitaire yang aku mainkan selama staycation ya. 

Baca Juga: Staycation di The 101 Hotel Bogor

Classic Solitaire

Cari empat kartu AS diantara tumpukan kartu. Jika ada, pindahkan ke Goals yaitu tempat kartu kosong di bagian kiri atas game classic solitaire. Tugasmu dalam permainan ini adalah mengurutkan kartu di tiap Goals dengan kartu AS, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, dan King.

Serunya main game solitaire saat staycation di hotel

Hm, kelihatnya mudah ya hanya mengurutkan kartu saja. Tapi, ternyata tidak mudah ya karena kartu yang muncul tidak selalu yang kita butuhkan. Ekspektasi kita tak selalu sesuai realita. Kadang, kita sudah buka banyak kartu eh tak ada satupun yang muncul, sedih. 

Jadi, kita harus membuka preview kartu di sebelah kanan atas dan menurunkannya jika ada kartu yang angkanya lebih rendah daripada kartu yang ada di Goal. Sampai di sini mulai paham kan caranya? Hehe. Selanjutnya ya, urutkan saja kartu yang ada hingga keempat Goals terisi penuh dengan kartu-kartu yang berurutan.  Seru, kan?

Free Cell Solitaire Card

Permainan solitaire berikutnya yang aku mainkan adalah free cell solitaire card. Permainan solitaire ini dibuat oleh Paul Allifie. Di sebuah table, ada 4 kolom free cell dan 4 kolom home cell. Kolom free cell untuk meletakkan kartu untuk sementara karena sedang tidak dibutuhkan di table. Sedangkan kolom home cell adalah tempat untuk meletakkan empat kartu AS. 

Serunya main game solitaire saat staycation di hotel


Bagaimana cara mainnya? Aturan mainnya sama kok dengan solitaire klasik yaitu mengurutkan kartu dari kartu King hingga AS. Bedanya, kartu yang diurutkan dalam permainan ini harus selang-seling warnanya ya merah dan hitam.  Kalau warnanya sama, kartunya tidak bisa bergerak. 

Setiap pemain diberi skor 500 dan berkurang setiap memindahkan kartu. Memainkan free cell ini kita harus memiliki strategi saat melihat kartu-kartu lain yang akan diturunkan. Jadi, kita berpikiran lebih jauh, tidak asal menurunkan kartu yang cocok.

Tujuan permainan ini adalah mengosongkan kolom tengah dan mengurutkan kartu dimulai dari kartu King.  Hati-hati ya jangan sampai, kolom free cell  penuh sehingga kitam ati langkah. Soalnya, jumlah kartu yang bisa dipindahkan di kolom tengah tergantung dari jumlah kartu yang ada di free cell ya. Semakin banyak kartu di free cell, semakin sedikit langkah yang bisa kita jalankan. 


Spider Solitaire Card

Game solitaire berikutnya yang aku mainkan adalah Spider Solitaire Card. Permainan ini adalah favoritku dan aku bisa menang, haha. Ada tiga level dalam permainan kartu ini yaitu level easy, medium, dan hard. Karena tak mau banyak mikir, aku pilih level easy saja. Dalam permainan ini, kartunya lebih banyak. Ada 10 baris kartu yang harus diurutkan. 

Serunya main game solitaire saat staycation di hotel

Tantangan permainan ini adalah kartu-kartu yang muncul tidak selalu berurutan. Tergantung keberuntungan dan amal ibadah pemainnya ya. Kita harus membuka kartu-kartu di sebelah kanan atas dan menurunkannya jika ada kartu yang sesuai dengan urutan kartu di Goals. Kadang, sampai habis pun kita tak bisa menemukan kartu yang cocok, hiks. Selanjutnya, u
rutkan kartu hingga keempat Goals terisi penuh dengan kartu-kartu yang berurutan. 

Sumber Foto: Pixabay.com

Post a Comment

14 Comments

  1. Solitaire ini games legendary yang sudah ada sejak pertama kali PC mulai marak. Dan sampai sekaang ternyata masih digemari nih, asik yaa staycation sambil sollitaire-an

    ReplyDelete
  2. Staycation memang sering jadi pilihan untuk liburan singkat dan hemat ya mbak.
    tapi meski begitu kadang sayang aja rasanya kalo cuma rebahan
    main games sambil menikmati pemandangan hotel memang jadi pilihan menarik
    apalagi game seru seperti solitaire

    ReplyDelete
  3. Wah, selagi me time di hotel, memang asyik juga kita bermain game online ya. Apalagi ini gratis dan ga ada iklan2 jadi nyaman rileks deh. Aku juga suka main Spider Solitaire Card dan Free Cell. Betah berlama2 apalagi kalau belum menang kok makin penasaran ga rela ya hahahaha :D Jenis permainannya buanyak banget dan bisa dimainkan di hp atau laptop dan gadget lain. Mantap mbak Dedew!

    ReplyDelete
  4. Anak2 paling seneng berenang kalau lagi staycation. Pasti deh itu yang mereka tunggu tunggu banget. Begitu check in, minta nya langsung berenang, ahaha.

    Kalau di dalem kamar baru main games atau nonton

    ReplyDelete
  5. Solitare ini termasuk game favorit juga sih. Kadang nemu yang gampang, tapi sering juga nemu yang susah. Wkwkk.. sekarang mah enak ya, tinggal buka solitare.org bisa deh langsung main.

    ReplyDelete
  6. kalau staycation ke hotel itu bawaannya kadang memang pengen leyeh-leyeh aja ya, mbak menikmati fasilitas hotel. tapi kalau bawa laptop bisa juga main game di solitaire ya

    ReplyDelete
  7. Games Solitaire ini memang gak ada matinya ya mak, karena memang jadi game favorit banyak orang juga. Main sambil membunuh waktu saat menunggu atau sedang dalam perjalanan jauh juga asik loh.

    ReplyDelete
  8. Kalau aku main games disela2 istirahat kantor kak dan selalu main
    Game solitaire mudah dan cepet dikuasai ya... Ngilangin kejenuhan kerjaan bisa banget jadi pilihan

    ReplyDelete
  9. Aku suka dengan ragam permainan di situs ini
    Bahkan ada yang mengasah ketelitian dan saya sendiri suka main ketika bosan
    Bahkan ajak anak anak juga untuk asah kejelian mereka

    ReplyDelete
  10. Solitaire nih permainan jadul tapi masih banyak peminat yaa. Soalnya mainnya bisa sambil santai disambi2. Aku keinget masa kuliah dulu kalau lagi bosan ngetik ya main Solitaire bentar. Lumayan buat menghilangkan penat. Apalagi kalau mainnya pas sambil santai2 di hotel. Waahh jd pengen liburan jg deeh :D

    ReplyDelete
  11. Staycation adalah saatnya bersantai ya mbak
    Maka nggak ada salahnya diisi dengan main game
    Apalagi klo main game di Solitaire ini
    Banyak game asik

    ReplyDelete
  12. Anakku suka banget kalo kita ada rencana stacation.pastinya harus ada kolam renang. Sukur2 Deket pantai

    ReplyDelete
  13. Aku suka main ini ga pas staycation, karena seringnya sibuk ama anak. Tapi aku mainnya pas lagi suntuk di kantor hahahaa.

    ReplyDelete
  14. emang seru banget main games Solitaire apalagi hilang penat abis staycation di hotel ya, makin fresh dan happy deh

    ReplyDelete