Advertisement

Lempok dan Nastar Durian Le Gita Cakes Oleh-Oleh Khas Pontianak

Halo Pejalan Santai,

Beberapa waktu lalu, aku mendapat oleh-oleh khas Pontianak dari Mamaku. Mama dan Abahku berkunjung ke Pontianak bersama sepupu-sepupuku untuk menghadiri acara pernikahan keponakanku, Dhani. 


Lempok dan Nastar Durian Le Gita Cakes Oleh-Oleh Khas Pontianak
Lempok durian khas Pontianak 

Nah, pas pulang dari ibukota Kalimantan Barat itu, Mama mengirimkan paket berupa aneka oleh-oleh dari Pontianak. Senang banget pas buka paketnya karena ada Milo Malaysia dalam bentuk sachet dan juga aneka cokelat enak. 

Ya, kebanyakan yang Mamaku kirimkan berlabel Malaysia. Maklum, Pontianak berbatasan langsung dengan negara tetangga itu jadi produk mereka banyak dijual di Pontianak.

Ada dua oleh-oleh yang menarik perhatianku soalnya kemasan kardusnya cakep banget. Waktu Mama bilang mau ke Pontianak, aku langsung memesan lempok durian khas sana. Jadi, pas paketnya datang aku mencari pesananku, hehe.

Lempok dan Nastar Durian Le Gita Cakes Oleh-Oleh Khas Pontianak
Oleh-Oleh khas Pontianak 

Dua jenis oleh-oleh dengan kemasan kardus yang cantik itu bermerek Le Gita Cakes. Logonya unik, tiga batang gandum dengan warna emas.

Satu kotak berwarna hijau muda dengan hiasan bunga-bunga berisi lempok durian. Ada logo halal MUI dan juga kode PIRT. Ada informasi alamat toko, web serta akun media sosial Ke Gita Cakes.

Baca Juga: Toko Oleh-oleh Brawijaya Batu


Tulisan bahan lempok duriannya di kardus berbahan durian dan gula pasir. Jadi, lempoknya benar-benar asli tanpa ada campuran tepung terigu dan bahan lainnya. Ada tulisan disarankan menyimpan lempok di kulkas agar tidak berjamur. 


Pas kardusnya dibuka, lempoknya dalam bentuk batangan yang cukup besar. Lupa isi berapa batang ya soalnya langsung kumakan bersama suami dan anak-anak. 


Tanpa campuran bahan lain jadi ya rasanya durian banget, lempoknya tidak keras, rasanya tidak terlalu manis dan nggak bikin eneg. Enak. Sayangnya, cepat tandas haha. 

Sedangkan kotak yang lebih besar dengan kardus berwarna putih krem dihiasi ilustrasi motif bunga-bunga dan geometris isinya adalah nastar durian, horee!

Aku memang penggemar durian jadi happy banget dengan durian dan berbagai jenis olahannya. 


Lempok dan Nastar Durian Le Gita Cakes Oleh-Oleh Khas Pontianak
Lempok durian Le Gita Cakes 



Kotak kemasan nastar ini sama tulisannya dengan kotak lempok durian. Ada kandungan bahan, logo halal MUI, dll. Bedanya, ada tulisan varian nastarnya. Ada dua jenis nastar yang dijual yaitu nastar biasa dan nastar pandan.

Masing-masing punya varian isi beragam. Ada nastar polos, keju, durian, dan campur. Nah, Mama membelikan aku nastar durian isi 30 buah. Nastar dalam kardus dikemas lagi dengan plastik tebal jadi lebih aman dari benturan saat dibawa dan dikirim. Rasa nastarnya? Enak dan nagih buat dicemilin terus! Bahaya banget kan! Hihi. 

Lempok dan Nastar Durian Le Gita Cakes Oleh-Oleh Khas Pontianak
Nastar durian Le Gita Cakes 

Pas aku browsing di Google ternyata La Gita Cakes adalah toko kue legendaris di Pontianak. Kue andalannya adalah lapis legit dan kue nastar. 

Lim Kim Chun adalah perintis La Gita Cakes ini. Saat berusia 15 tahun, ia suka membuat kue dengan mencoba aneka resep yang ia dapatkan dari ibunya. 

Chun Ie begitu ia disapa, suka membuat lempok durian karena durian berlimpah di Sukadana dan mudah mendapatkan barang baku.


Setelah menikah, ia pindah ke Pontianak dan mulai merintis usaha kuenya tahun 70-an. Ia membuat lapis legit, nastar dan kue moka. Serta dodol. Kue-kuenya banyak penggemar dan mulai banyak pesanan. Saat itu, Chun Ie menjual kuenya di rumahnya di Jalan Tanjungpura Gang Rangon Pontianak.

Lempok dan Nastar Durian Le Gita Cakes Oleh-Oleh Khas Pontianak
Nastar durian enak

Pada tahun 1997, nama Le Gita Cakes pun dipakai. Kue buatan Chun Ie makin beragam. Ada lapis legit dan nastar dengan berbagai rasa seperti durian dan keju. 

Baca Juga: Mochi Kaswari Sukabumi


Tahun 2000, berdirilah toko pertama Le Gita Cakes di Pontianak. Tepatnya di Jalan Pahlawan No. 240 Pontianak. Lalu cabang berikutnya di Jalan Ahmad Yani. 


Toko kue ini lalu dikelola putra Chun Ie, Johan. Tetap dengan resep kue yang sama warisan turun-temurun keluarganya dan pengolahan tanpa bahan pengawet.


Toko Kue Le Gita Cakes

Jalan Pahlawan No. 240, Benua Melayu Darat, Pontianak

Buka Setiap Hari Pukul 08.00-17.00 WIB


Sumber Foto:

Aldebaran dan IG Le Gita Cakes







Post a Comment

15 Comments

  1. Bagus bangeeett kemasannya euy. Mewah gitu diliatnya. Aku mah kalo dikasih oleh-oleh begini, malah suka ngerasa sayang aja gitu mau dimakan. Akhirnya disimpen-disimpen-disimen.. sampe lupa dan ternyata gabisa dimakan, hahaha

    Aku baru denger kuliner lempok durian euy, di kotaku kayaknya belum pernah nemu ya. Tapi kok kuperhatikan dari bahan-bahannya agak mirip dodol ya. Apa jangan-jangan ini dodol versi sana? ehehe

    ReplyDelete
  2. Wow, ada lempok durian ada nastar durian. Ngebayanginnya aja udh ngiler.. Itu kemasannya juga cantik amat... Jd pingin cobain deh oleh2 Pontianak ini, blm ada yg pernah ngasih sy hehe..

    ReplyDelete
  3. Wahh kemasannya cantik banget. Kalau buat hadiah/ oleh2 gak usah dibungkus lagi, tinggal masukin aja ke plastik bening.

    Lempok itu semacam dodol kah?

    Penasaran ama nastar durian, hmm kayaknya enak.

    ReplyDelete
  4. wah, kemasannya cakep amat, kayaknya setelah makanannya abis, bisa2 ogah buang deh kemasannya. Mana oleh2 pula ya dari Kalimantan

    ReplyDelete
  5. namanya unik ya mbak, lempok. Baru denger aku dan jadi penasaran juga sama rasanya
    kalau dilihat-lihat sekilas, mirip kayak jenang gitu ya mbak kalau di Jawa, jadi empuk empuk kenyal gitu bukan?

    ReplyDelete
  6. Nambah lagi deh list yg mau aku visit kalo ke ponti 🤣🤣. Udah niat tahun depan mau kesana mba, sekalian Singkawang. Pontianak kan terkenal kulinernya enak2.

    Naaaah nastar durian aku udh pasti sikaaaa sih 😍😍😍😍. Soalnya kalo nastar sekarang kebanyakan kan nenas yaa, aku ga terlalu doyan. Biasa aja. Kalo durian bisa2 aku abisin setoples sih 😂

    ReplyDelete
  7. Jauh sekali di Pontianak sana. Eh, tapi jadi ingat teman kerja saya dulu yang asal Pontianak emang suka bawa oleh-oleh Lempok Durian ini tiap abis mudik. Ternyata di sana ada nastar durian juga ya, enak juga keliatannya shining and glowing gitu penampakannya..

    ReplyDelete
  8. Kemasannya menarik dan cantik banget 😍 suka deh, sebagai pecinta durian aku pun tertarik buat nyobain lempok Durian, sangat menggugah selera, sesekali kalau mampir ke Pontianak mesti beli dan cobain langsung nih

    ReplyDelete
  9. Sebagai pecinta durian, aku langsung menelan ludah baca tulisan ini mbak huhu. Segitu banyak olahan durian, bisa-bisa kalap aku kalo mampir ke toko itu 😭😭

    ReplyDelete
  10. Kangen rasanya Lempok yang manis dan legit.
    Rasanya zaman sekarang dibungkus cantik begini.. menambah nilai jual juga mengenalkan kuliner khas Pontianak kepada dunia.

    ReplyDelete
  11. Pengen icip dua-duanya, hehe. Aku tuh pecinta durian banget jadi segala hal yang berbau durian pasti aku lahap, hehe. Eh tapi aku paling penasaran dengan nastar duriannya. Lempoknya juga sih.

    ReplyDelete
  12. Nah ini unik sekali nah sekali tapi isiannya durian pastinya jadi favorit banyak orang terutama bagi pecinta durian ini wajib nyobain sih

    ReplyDelete
  13. Kalau di Jawa mirip Bakpia sama jenang tapi kalau jenang lebih mengkilap sih hihihi, jadi pengen nyoba belum pernah soalnya cuma ngira-ngira via gambar saja :)

    ReplyDelete
  14. waktu saya ke sana juga menemukan makanan ini di mana-mana ternyata memang khas Pontianak ya kak, jadi pengen makan kuenya lagi semoga ada kesempatan untuk traveling ke sana lagi

    ReplyDelete
  15. kira-kira di toko oren ada yang jual ini ga kak?

    ReplyDelete