Advertisement

Menyantap Teci, Kuliner Tradisional Khas Sukabumi Pas Botram Tahun Baru

Halo Kawan,

Selamat tahun baru! Bagaimana awal tahunmu. Cerah atau agak mendung? Hehe. Saat tahun baru, keluarga kami mengadakan acara botram atau kumpul-kumpul sambil makan bersama di Selabintana, Sukabumi. Namanya saja kumpul bersama, acaranya ya nggak jauh dari ngobrol, bercanda, foto-foto hingga...makan-makan doong! Hehe.

Menyantap Teci, Kuliner Khas Sukabumi Pas Botram Tahun Baru
Botram tahun baru di Sukabumi

Di tulisan sebelumnya, aku berbagi tentang acara botram di Selabintana. Nah, kali ini aku ingin cerita tentang hidangan tahun baru yang kami santap bersama-sama hari itu. Kebetulan, aku ingin meramaikan Cerita Hidangan Pesta Akhir Tahun IDFB Alhamdulillah, akhirnya keluarga besar Kaerha keturunan Raden Haji Hanapi, kakekku bisa berkumpul bersama-sama saat liburan akhir tahun.

Acaranya sederhana banget, piknik dan botram di kawasan wisata di Sukabumi. Tempatnya berupa lapangan berumput yang luasnya berhektar-hektar diselingi pepohonan. Sejuk dan nyaman untuk bercengkrama.

Hidangan tahun baru kami dipersembahkan oleh Nin Yung alias Bi Lala Yulia yang merupakan chef atau koki andal di keluarga kami. Nin Yung, adik bungsu Abahku memang jago masak. Ia punya usaha katering untuk berbagai acara seperti pernikahan, rapat, sunatan dan lainnya. Ia juga punya bisnis kue lebaran Lala Yulia Cookies. Keren, kan!

Masakan Biyung adalah favorit kami semua. Magnet rindu yang bikin kami ingin selalu kembali ke Sukabumi. Padahal, sudah tahu kan lalu-lintas Sukabumi nggak banget. Jarak yang tidak begitu jauh dari Bogor bisa ditempuh berjam-jam karena kemacetannya yang luar biasa. Walaupun ada jalan tol baru, tetap saja main ke Sukabumi adalah tantangan. Hehe.

Menyantap Teci, Kuliner Khas Sukabumi Pas Botram Tahun Baru
Botram di awal tahun baru 2024

Begitu kami tiba di lokasi piknik, ternyata sudah ramai tuh para member Kaerha berkumpul. Iya, kami agak kesiangan karena anak-anak berenang dulu di hotel. Langsung deh, kami disambut heboh, langsung disuruh makan. Jadi enak nih, hihi.

Apa saja hidangan tahun baru keluarga besar kami? Ambu, istri Abah Edi kakak sulung Abahku membawa kuliner tradisional khas Sukabumi yang unik sekali. Jujurly, aku baru pertama kali mencicipi makanan ini ya pas botram saat itu.

Nama makanannya adalah Teci. Konon, merupakan singkatan dari Sate Aci. Tapi, sate yang ini tidak pakai tusuk sate makannya Ada yang pernah dengar atau bahkan pernah mencicipinya? Nambah lagi deh ilmuku tentang kuliner per-acian khas Jawa Barat setelah cireng, cilok, cilor, cimoy, cilung, cipuk, hingga cibay yang terbuat dari aci atau tepung singkong. 

Kalau Teci agak berbeda. Teci terbuat dari tepung sagu. Orang Jampang Kulon, salah satu daerah di Sukabumi punya sebutan lain untuk teci ini yaitu Lagodeh. Ada juga yang menyebutnya Ciwang atau aci bawang. Ada yang bilang namanya aci suuk atau aci kacang tanah. Unik banget ya namanya?

Biasanya, Teci dihidangkan saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Di Sukabumi, banyak pedagang kaki lima yang menjualnya. Seporsi harganya sepuluh ribu dan berisi 10 potong. 

Pas Nin Lala menyodorkan piring plastik beralaskan kertas nasi, aku agak mengernyitkan kening. Hidangan apa ini? Untung nggak sambil mengendus-endus piring. Bisa-bisa, aku disambit sandal sama Mamaku. Hehe.

Menyantap Teci, Kuliner Khas Sukabumi Pas Botram Tahun Baru
Teci atau Lagodeh siap disantap (Foto: IDNTimes.com)

Penampakannya mirip dengan papeda, makanan khas Papua yang juga terbuat dari Tepung Sagu. Teci ini bentuknya berupa potongan-potongan besar berbentuk kotak lalu disiram dengan saus kacang tanah agar lebih sedap. Bahannya sederhana hanya aci tepung sagu aren, daun bawang, bawang goreng dan saus kacang tanah. Cara buatnya ternyata gampang-gampang susah karena pembuatannya butuh ketelitian.

Menyantap Teci, Kuliner Khas Sukabumi Pas Botram Tahun Baru

Pertama, tepung sagu dimasukkan ke dalam panci lalu dicampur dengan merica serta penyedap rasa. Setelah dicampur rata, sagu pun dimasak hingga mengental seperti agar-agar. Setelah itu, adonan aci yang menggumpal dipotong berbentuk kotak dan diberi saus kacang tanah. Jangan lupa, tambahkan bawang goreng dan irisan daun bawang. Jadi deh, Teci atau Lagodeh ini siap disantap.

Rasanya bagaimana? Kenyal dan gurih apalagi dengan saus kacang yang pedas dan dibubuhi air jeruk purut. Mantap! Setelah menyantap Teci yang unik, akhirnya tibalah makanan utama kami siang itu!

Bi Yung dan Mace Eli membagikan piring-piring bambu berisi nasi putih hangat, sayur urap, lalu membebaskan kami memilih lauknya ada ayam bakar kampung, nila goreng, atau paru goreng. Ada pula tumis peda pete. Tak lupa, satu papan pete bakar, horee. Yang nggak boleh ketinggalan, sambal terasi yang pedasnya luar biasa. Nikmat! Jangan lupa, kerupuk ikan Palembang yang Mamaku bawa dari Bogor dalam kemasan guling saking besarnya! Hihi.

Alhamdulillah, maka nikmat Allah mana yang kau dustakan? Sedap banget botram siang itu. Kami bisa berkumpul dan makan-makan enak dalam keadaan sehat dan ceria. Selamat tahun baru 2024, semoga tahun ini kita diberkahi Allah kesehatan dan rezeki yang berlimpah. Aamiin!

 

 

 

Post a Comment

17 Comments

  1. wah, aku belum pernah mencoba Teci. jadi pengen :D

    ReplyDelete
  2. Asliii, baru tahu Teci saya ,...jadi tambah ilmu tentang kuliner per-acian khas Jawa Barat, biasanya cuma makan cireng dan cilok . Kelihatan enak nih, apalagi berteman saus kacang pedas..ngiler saya!!

    ReplyDelete
  3. Yaampun, ternyata tepung sagu bisa jadi macam macam hidangan banget yaa. Aku malah baru denger ada hidangan Teci atau Lagodeh ini lho, menarik banget untuk dicoba. Rasanya mirip-mirip cilok gak ka? ihihi

    ReplyDelete
  4. Asyik banget mbak, kumpul keluarga besar dan diisi dengan ngobrol dan makan bareng. Teci, lah ada nama kuliner berbahan aci satu lagi nih. Sate tapi nggak ditusuk, bisa buat bahan tebak-tebakan nih hehehe

    ReplyDelete
  5. Membaca nama/sebutan BI Yung, aku auto ingat nenekku Mbaa..Aku memanggil nenekku dengan sebutan Biyung karena mengikuti ibuku. Kalau di kalangan rakyat jelata Jawa (hehehe), biyung kan untuk menyebut ibu yaa... Kalau diingat2 malah jd mirip sebutan Korea yaak wkwkwk.

    Btw, Jabar emang juara soal per-aci-an. Bahkan segala ci-xxx itu gak hanya jago kandang, tapi juga menyebar di seantero Indonesia. Tapi aku belum pernah tahu Teci ini mba...

    ReplyDelete
  6. Tecii..
    Pasti nikmat banget yaa.. cemilan botram yang rasanya semakin kaya karena diberi siraman bumbu kacang. Kayanya bakalan ketagihan ngemilin teci sih.. Hihii, kenapa dunia per-aci-an ini selalu bikin nagih. Mungkin karena sensasi makannya yang kenyul-kenyl nikmat.

    Botram keluarga bikin anak-anak saling kenal dan akrab dengan spupu serta saudara dari sang Ibu atau Ayah, mempererat silaturahm bisa memperpanjang usia, in syaa Allah.

    ReplyDelete
  7. Duh... malah tambah laper habis baca tulisan di sini, hehehe ....
    Menu makanan utamanya menggoda selera bangeet! Ayam goreng, sayur urap, tumis peda pete dan petenyaa.. glek, yummy!
    Botram di depan rumah aja udah seru, apalagi kalau botram di tempat terbuka yang keliatan segar dan asri, seru sekali yaa... Makan pun terasa lebih nikmat.

    ReplyDelete
  8. Pasti seru banget ya mbak bisa piknik bersama keluarga saat tahun baru. Btw aku pun sama baru tau tentang makanan Teci ini, jadi tuh hampir sama kayak papeda ya. Penasaran sih, karena yang inikan bumbunya beda nih.

    ReplyDelete
  9. Menu yg dibagikan Bi Yung dan Mace Eli enak2 semua mbaa...semua favorit aku. Duuh bs kalap aku klo ikutan makan disitu. Nasinya dikit aja, lauknya cobain semua termasuk petainya hahaha

    ReplyDelete
  10. Kelihatan enak ya Teci ini. Aku baru pertama kali dengar dan tentu aja belum pernah makan. Btw, tempat pikniknya ramai banget dah. Aku udah lama gak kumpul kaya gitu. Jadi kangen deh

    ReplyDelete
  11. Waduuh enaaknyaa malam2 baca makanan tradisional jd pengeen ngiler akuu apalagi sayur urapnya...
    Yummy...

    ReplyDelete
  12. Wiihh unik euy...aku pun baru tau kuliner teci alias sate aci (yang tidak terbuat dari aci) ini. Pengen nyoba kapan-kapan, kayaknya pernah lihat juga di salah satu postingan IG tapi nggak tahu sama yang dimaksud apa bukan.

    Btw itu sepiring nasi kumplitnya menggodaaa....jadi lapaaarr...

    ReplyDelete
  13. Aih sate aci mah favorit suami saya. Lagodeh memang juara nya dari Jampang. Saya pernah ke Surade, wah kulinernya emang maknyus ...
    Buat acara botram begini seru pisan ya...

    ReplyDelete
  14. aku baru dengar makanan namanya teci. jadi pengen nyoba. khas banget ya ini kayaknya karena jarang ada yang jual. apalagi makannya pakai saus kacang dan agak pedes

    ReplyDelete
  15. Jujur baru ngerti banget ada kuliner teci yang ternyata dari Sukabumi. Kalau temen pulang kampung dan balik Jogja, aku biasanya nitip mochi aja yang familiar. Harus nyobain teci suatu hari nanti!

    ReplyDelete
  16. Whaaaah, seru banget bisa piknik gelar tikar dan makan-makan kayak gini, Mak. Namanya botram ya kalau di sana? Aku sudah lama sekali nggak menikmati piknik gini sama keluarga besarku. Apalagi setelah semua sudah berkeluarga, kayak keseringan pergi sama keluarga kecil masing-masing.

    ReplyDelete
  17. Wah sy baru tahu lho kuliner teci, jarang kayaknya yg jual di teci di Bogor. Harus nyoba nih kalau jalan2 k Sukabumi

    ReplyDelete