Advertisement

Kulineran di Kawasan Pecinan Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara

Halo Pejalan Santai,

Siapa yang sudah pernah jalan-jalan di Pantai Indah Kapuk 2 di Kamal Muara, Jakarta Utara? Kota mandiri yang berdiri di lahan seluas 1000 hektar ini sudah bisa dikunjungi lho. Selain deretan perumahan mewah, ternyata banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga di PIK 2.

Kulineran di Kawasan Pecinan di Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara
Salah satu tempat tujuan wisata yang pertama dan populer di PIK 2 adalah Pantjoran PIK atau sering disebut juga Pantjoran Pecinan. Pantjoran PIK ini dibuka tahun 2020 dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Arsitekturnya terinspirasi dari Kota Zhangzou, Cina. Saat kamu memasuki kawasan ini, ada daya tarik khusus yaitu gapura besar dan megah berwarna merah dan berukiran khas Cina. Kamu juga akan menemukan berbagai diorama dan mural menarik karya para seniman ternama. 

Pantjoran Chinatown PIK adalah sebuah tempat wisata kuliner khas Tionghoa di Pantai Indah Kapuk 2. Nama Pantjoran ini terinspirasi dari kawasan Pecinan di Glodok, Jakarta Barat yaitu Pantjoran. Pantjoran berasal dari kata pancuran yang menjadi sumber air warga Batavia.

Kulineran di Kawasan Pecinan di Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara

Berbagai kuliner Cina bisa kamu temui di sana.  Sebut saja Restoran Wong Fu Kie dan Kedai Kopi Es Tak Kie yang legendaris. Tak hanya restoran, banyak kafe, kedai juga gerobak-gerobak jajanan, es krim dan lainnya banyak bertebaran di sana. Menggiurkan sekali. 

Baca Juga: Arborea Cafe Manggala Wanabakti

Duh, bagaimana kalau yang muslim ingin menikmati kuliner di sana? Tenang, jangan khawatir ya walaupun berada di Chinatown banyak kedai yang menjual makanan halal kok. Biasanya ada tulisan Halal di depan kedai atau jika ingin lebih yakin kamu bisa menanyakan langsung pada penjualnya, ya apakah makanannya halal atau tidak. 


Kulineran di Kawasan Pecinan di Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara
Patung megah di Pantjoran PIK 

Kawasan ini buka setiap hari dan tanpa dipungut tiket masuk. Begitu kita memasuki kawasan ini, yang menarik perhatian adalah bangunan bergaya Cina yang dibangun berhadapan dengan warna merah terang khas Pecinan.

Sepanjang kanan dan kiri jalan dipenuhi kursi dan meja untuk makan. Berasa sedang di Cina atau Taiwan deh suasananya hehe. Jadi, tak sekadar makan dan minum kita mendapatkan pengalaman berbeda seperti sedang jalan-jalan di luar negeri.


Kulineran di Kawasan Pecinan di Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara

Baca Juga: 5 Rekomendasi Museum di Jakarta

Makan bersama keluarga di sepanjang area Pantjoran menjadi pengalaman yang menyenangkan. Pas pertama ke sini, kami datang siang hari. Matahari bersinar terik, pusing banget kepala hehe. Sebaiknya, main ke Pantjoran PIK ini sore atau malam hari ya saat matahari sudah tak terik lagi. Jadi lebih nyaman untuk jalan-jalan dan nongkrong. 

Kulineran di Kawasan Pecinan di Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara

Di berbagai sudutnya, kamu bisa menemukan patung-patung yang menarik dan cocok untuk berfoto. Ada tulisan yang berisi informasi patung apa itu. Salah satu daya tarik utama kawasan ini adalah pagoda bercat merah menyala yang berdiri megah di ujung kawasan Pantjoran. Pagoda ini adalah pagoda tertinggi di Jakarta dan terdiri dari lima lantai yang tidak dibuka untuk umum. Kebayang ya, kalau bisa naik pasti pemandangannya indah ya
 
Kulineran di Kawasan Pecinan di Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara
Suasana Pantjoran saat liburan ramai sekali 

Setiap pengunjung pasti akan berfoto di depan pagoda atau memotret pagoda yang memikat ini. Di depan pagoda, ada patung Dewi Kwan Im yang melambangkan kasih-sayang dan kebahagiaan. Tak heran, banyak orang yang membakar dupa dan berdoa di depan pagoda, untuk berdoa pada Dewi Kwan Im.
Pagoda ini memilki beragam ukiran yang menceritakan keberagaman budaya di Indonesia. Ada salah satu bagian yang menceritakan bagaimana masuknya orang Tionghoa ke Nusantara. 

Kulineran di Kawasan Pecinan Pantjoran PIK 2 Jakarta Utara

Kalau kamu datang pada hari besar seperti Imlek, kamu beruntung bisa menikmati berbagai atraksi seni seperti pentas lagu-lagu Cina, pertunjukan tarian tradisional dan barongsai. Waktu aku main ke Pantjoran PIK, ada pertunjukan para biduan menyanyikan lagu-lagu lawas Cina di panggung. Seru kan? Kalau main ke Pantai Indah Kapuk 2 jangan lupa mampir dan kulineran di Kawasan Pecinan Pantjoran ya!

Pantjoran PIK 2

Golf Island, Pantai Maju, Kamal Utara, 

Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara

Buka Setiap Hari Pukul 07.00-22.00 WIB

Post a Comment

20 Comments

  1. Bagus ya PIK ini sekarang, bisa wisata kuliner, bisa hunting foto foto kece, bisa sekedar jalan-jalan doang sama keluarga.

    Cuman ya gitu, jangan sampai datang "sangu"nya sedikit, soalnya banyak spot yang bisa kita jajal - dan karena lumayan jauuuh jadi kudu siap jalan kaki ke sana sini!

    ReplyDelete
  2. Kulineran ke sini serasa berada di negara yang berbeda ya... vibenya beda, kulinernya beragam... kalo kesini sama orang orang tersayang pasti sampe lupa waktu

    ReplyDelete
  3. Baru pertama kali aja ke PIK, itu pun pakai motor sama paksu pas masih tahun 2020 an.. Beneran luas dan menarik memang, bangunan nya, view nya dan betul kalau pas perayaan Imlek bakalan meriah banget, penasaran sih pengen coba krsana lagii..apalagi saat ini di Jakarta bisa pakai busway buat ke PIK jadi lebih bisa menikmati perjalanan..

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama isi pagoda-nya. Hehe. Enak kalau malam ya Mbak ke sininya. Enggak panas dan suguhan lampu-lampunya memikat :)

    ReplyDelete
  5. Aku pun kalau pas ke PIK selalu mampir ke sini dulu untuk jajan, tapi seringnya kami takeaway. Karena kalau pas mampir sudah sore dan mulai ramai dan anakku penginnya makan di rumah.

    ReplyDelete
  6. Cari makanan di PIK Pantjoran ini harus lebih jeli dan hati2 sih mba utk pastiin menu halal, aku bbrp kali ke sana siang dam sore...puanas meski ada angin sepoi dr laut Kayaknya harus nyobain jalan malam nih, lebih adem dan enakeun

    ReplyDelete
  7. restoran khas tionghoanya udah ada halal mui belom ya? pingin makan di sana, tapi takut belom halal.

    ReplyDelete
  8. Aku juga dah kesana kak.. dan sempwt kulineran juga. Lumayan bisa foto di pagoda saat sepi.. tapi ya bangunan segitu luas mushola kecil bangett...

    ReplyDelete
  9. Di Bandung juga ada kawasan yang seperti di Pecinan. Kalau datang ke sana di hari Imlek, rame sekali, banyak barongsai dan aneka kuliner yang dijajakan di sana.

    ReplyDelete
  10. Grandeee bangey ya mbaaa vibes-nyaaaa

    PIK lagi happening bangett.
    sensasi wiskul di mari pasti enjoyable

    ReplyDelete
  11. Kebayang serunya ini jalan jalan sambil kulineran
    Apalagi di sekitar banyak sekali spot foto
    Ah di Surabaya kawasan pecinannya juga ada tapi gak serame ini kayaknya

    ReplyDelete
  12. Asik jalan-jalan malam di Pantjoran PIK 2.
    Suasananya gak kaya di Indonesia. Pantesan WayV mainnya ke PIK buat konten pas lagi di Indo. Keknya emang recomended place to visit banget.

    ReplyDelete
  13. Wah kebayang serunya bisa makan bersama keluarga atau teman di sana. Pasti asik.

    ReplyDelete
  14. Widiiih udah nyampek sana aja. Kalau malam kyk di Cina beneran ya haha. Aku masih liat2 aja seliweran di tiktok, pengen deh nanti abis puasaan ngajakin keluarga ke sana. Kalau gak sekalian staycation aja biar bisa ke sana malam dan menikmati kulinerannya :D

    ReplyDelete
  15. seneng banget deh kalau sudah diceritain tentang staycation di tempat indah kaya gini. Sering banget dengar kabar kalau PIK ini tempatnya indah, tapi belum sempat singgah nih, liat futu2nya jadi mupeng pingin ke sana. TFS mba.

    ReplyDelete
  16. Kayanya jalan-jalan di PIK tuh berasa lagi kayak pergi ke luar negeri ya Mak. Dari desain toko-toko dan berbagai tenant yang ada di sana, banyak yang mungkin belum bisa ditemui di luar Jakarta juga

    ReplyDelete
  17. Vibesnya yang foto depan pagoda itu persis banget kayak yg di pulau Kemaro, Palembang. Cakeup, Dew. Seruuu yaaa ternyata jalan2 di PIK.

    ReplyDelete
  18. Selalu pengen ke PIK, tp kejauhan dan katanya byk resto non halal ya mba

    ReplyDelete
  19. Ah seru banget ya
    Kawasan pecinan adalah destinasi yang sangat cocok untuk jalan jalan dan kulineran ya mbak

    ReplyDelete
  20. Ah seru banget ya
    Kawasan pecinan adalah destinasi yang sangat cocok untuk jalan jalan dan kulineran ya mbak

    ReplyDelete