Taman Kyai Langgeng Magelang Kian Bersolek

  • Thursday, December 15, 2016
  • By Dewi Rieka
  • 3 Comments

Taman Kyai Langgeng Magelang Kian Bersolek. Kali ini mau cerita tentang Taman Kyai Langgeng Magelang. Konon,  anak TK di Jawa Tengah pasti tahu yang namanya Taman Kyai Langgeng yang hits ini. Tiap ada acara piknik TK dan SD, tujuannya pasti ke taman ini. 

Pemandangan emejing di Taman Kyai Langgeng Magelang

Duile,  eykeh jadi penasaran. Seumur-umur belum pernah kesini hihihi nggak kekinian deeeh.
Untunglah,  saat ikutan Fantrip Disporadbudpar Kota Magelang, kami diajak main ke taman hits ini. Buat teman-teman travel blogger peserta Famtrip ini, mungkin main ke taman ini membosankan. Dan kurang tantangan. Hihi. 


Tapi nggak untuk emak kece berbuntut dua sepertiku. Jadi dapat ide ingin mengajak bocah piknik di Taman Kyai Langgeng dan menginap di Artos Hotel, unch..unch..haha. Ngarep.  Aamiin!

Ya,  Taman Kyai Langgeng adalah sebuah taman wisata untuk keluarga, beralamat di Jalan Cempaka No. 6 Magelang Tengah. Dibuka sejak September 1987, taman seluas 28 hektar ini menjadi favorit wisatawan untuk rekreasi.

Wahana kereta ait di Taman Kyai Langgeng asyik ya

Taman Kyai Langgeng Magelang adalah sebuah taman bermain sekaligus hutan wisata yang berfungsi sebagai paru-paru kota.  Di tahun 2016, manajemen taman bermain ini mengadakan banyak perubahan. 

"Taman Kyai Langgeng sekarang bersih dan cantik, Mbak. Nggak kumuh lagi, " ujar tetanggaku yang asli penduduk Magelang bangga. 

Iya, waktu kami main kesana,  kebersihan dan kerapian taman terpampang nyata.  Puluhan petugas sedang bebersih,  agar pada saat buka taman ini kinclong luar biasa.

Makam Kyai Langgeng di tengah taman wisata

Sudah kebayang bakal pegal deh mengelilingi taman seluas ini, kaki masih pegal setelah mendaki Gunung Tidar sehari sebelumnya, wkwkw. Dasar ini pejalan santai atau pejalan malas, ya?

Alhamdulillah, suara hatiku terdalam didengar oleh pihak taman. Tak lama, dua mobil wisata berwarna hijau tiba di hadapan kami. Yeaah, kami naik mobil berkeliling! Hihihi.

Perlahan mobil mengelilingi kawasan taman yang masih sepi karena belum buka. Disana-sini terlihat kesibukan petugas menyapu dan merawat taman. Mata dimanjakan pemandangan pepohonan yang menghijau. Segar rasanya.

Komidi Putar di Taman Kyai Langgeng sayang nggak bawa bocah

Ada 10 wahana permainan yang menarik untuk anak dan sudah termasuk harga tiket yang dibayarkan. Diantaranya bianglala, becak air, becak mini,  mobil keliling,  dan kereta air. Asal betah antri saja. Sedangkan wahana lain,  kita bayar lagi.

Kalau aku sih tertarik mengajak anak menjelajahi pesawat Kyai Langgeng Airlines hihi. Terus,  ada juga kereta air dan becak mini yang asyik, terus ada kolam renang sedalam 1-2 meter,  hmm menonton di bioskop 6D kayaknya menarik ya.

Kyai Langgeng Airways hehe bandaranya neng di yo dab? Hehe

Untuk menjelajahi Taman Kyai Langgeng tak usah capek-capek ada mobil khusus yang membawa kita berkeliling dengan rute jalan yang berliku-liku. Hihi. Ada kereta mini juga lho untuk mengelilingi setengah kawasan taman. 

Piknik juga asyik deh di taman berumput atau di bawah payung-payung teduh yang dilengkapi kursi santai. Asal tetap jaga kebersihan,  yes. Oh iya, Taman Kyai Langgeng punya koleksi satwa seperti buaya dan ular besar. Ada koleksi tanaman langka juga yang patut diintip. 

Seru-seruan dengan blogger di Famtrip Magelang Foto: Aziz

Kereta air ini juga asyik. 
Anak-anak bisa naik perahu kecil menyusuri selokan taman. Ah, banyak deh keseruan untuk anak-anak. Hanya kebayang kalau musim liburan seperti sekarang,  pengunjung berjubel,  yes. 

Yang menarik minatku adalah Sungai Progo yang mengalir di bawah.  Kalau kita berkeliling dengan mobil wisata, kita bakal melewati Sungai Progo di jalan setapak, pemandangannya emejing. 

Gunung Sindoro di kejauhan. Maklum,  Magelang dikelilingi lima gunung. Yang ingin mencoba rafting, juga bisa berangkat dari taman ini. 

Kami sempat berlama-lama menikmati keindahan pemandangan ala kartupos ini,  sampai ditelpon terus oleh Mas Andi ketua rombongan,  hihi. Nanti ditinggal lhoo! 

Gaya anak band para bloher di Festival Tidar 2016 Foto Miya Kamila

Oh iya,  ada makam Kyai Langgeng di tengah-tengah taman yang kerap diziarahi pengunjung. Wah,  ternyata bukan sekadar nama taman ya,  ada orangnya. Tapi aku belum menemukan informasi siapa sebenarnya beliau. 

Ya,  Taman Kyai Langgeng kini berbenah.
Katanya sempat ada wacana proyek Taman Kyai Langgeng membangun bianglala raksasa ala London Eye.

Kebayang bakal makin keren jika ada wahana seperti bianglala raksasa seperti yang ada di Semarang, dengan pemandangan sungai Progo dan gunung. Wow, pasti lebih hits dan kekinian yaa Taman Kyai Langgeng Magelang. Kapan ya,  bisa terwujud? 

Juga ada rencana membuat taman bunga yang bermekaran indah,  pas deh dengan julukan Magelang  kota sejuta bunga. Kalau ada atraksi seni dan budaya rutin sebenarnya juga menarik untuk disaksikan. Sekalian melestarikan kesenian dan budaya Indonesia.

So,  kalau main ke Magelang, jangan lupa ke Taman Kyai Langgeng Magelang Kian Bersolek ya. Tiket masuknya pas akhir pekan hanya Rp25.000 saja. Untuk liburan lebaran, natal dan tahun baru Rp30.000.










You Might Also Like

3 comments

  1. duhh asyikj banget nohh tempatnyaa mba...baguss mba

    ReplyDelete
  2. Mantap banget tempatnya mbak.
    Asyik buat jalan-jalan bareng keluarga.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas kunjungan serta ulasan yang disampaikan dalam satu tulisan yang menarik, kami berharap ada banyak keceriaan dan kenangan selama rekreasi di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang :)

    ReplyDelete