Warung Makan Bebek Goreng Cak Koting di Yogya

Bebek Goreng Cak Koting Yang Renyah di Yogya. Dear Pejalan Santai, beberapa waktu lalu aku dan teman-teman Genpi Jateng menghadiri workshop wiskulja yang diadakan Kemenpar di Solo.

Bebek Goreng Cak Koting di Yogya

Setelah workshop dan jelajah Solo selesai, aku diajak main ke Yogya dan mampir ke warung makan ini. Beralamat di Jalan Dokter Sutomo No.57, Bausasran, Danurejan, Yogya. 

Iyaa, aku tinggal di Yogya 5 tahun dan setelah married, perasaan aku tuh sering bolak-balik Yogya tapi tetap saja pangling dengan perkembangan kota ini. Masa nyasar dong! 

Warung ini direkomendasikan teman seperjalanan. Dese ngefans banget sama Cak Koting, hehe. Mungkin sudah pernah foto bareng dan minta tanda tangan saking ngefansnya, hehe. Konon, tiap ke Yogya atau Solo pasti mampir ke sana.

Bebek Goreng Cak Koting di Yogya

Kayaknya pas kami di Solo saja, dia sudah terbayang makan di Yogya ya, Cak Koting. Hm, jadi penasaran! Konon, Warung ini sudah berdiri sejak 1991 dan tadinya hanya gerobak sederhana. 

Oyaa, kemana saja aku kok nggak tahu, ya? Ihh, mahasiswi kudet niih! Tapi nggak ada kata terlambat untuk mencoba, termasuk mencicipi citarasa warung makan beken ini. Saat itu, sudah sore dan hujan deras.

Tapi tak membuat temanku mengurungkan niatnya. Walhasil, hujan deras kami mampir makan sore. Sampai dipayung pegawai rumah makannya saat turun dari kereta kencana, hihi.

Bebek Goreng Cak Koting di Yogya

Suasana warung saat itu lengang. Hanya beberapa pengunjung saja. Di dinding terpajang beberapa foto artis yang pernah mampir ke warung makan Cak Koting Yogya.

Berhubung aku sedang diet daging, aku pilih ikan goreng. Huhu, pilu. Padahal penasaran sama bebek gorengnya yang hits. Yang menarik, ulekan sambal di warung ini luar biasa besaar, hihi. Dipakai ngulek sambal non stop juga pasti yaa. 

Temanku pilih bebek goreng, juga pak supir. Ya, soal menu goreng, katanya warung ini juaranya. Andalannya pun bebek goreng. Baiklah, nanti icip-icip piring tetangga deh, yaa.
Bebek Goreng Cak Koting di Yogya

Tak lama kemudian, pesanan kami tiba. Nampak bebek goreng dan ikan goreng memanggil-manggil minta segera disantap. Yummi! Perut keroncongan karena sepanjang perjalanan Solo-Yogya, hujan deras, bo. Dingiin!

Selain sepiring nasi putih, sepotong bebek dan ikan, kremes serta lalapan tersaji juga sambal ijo dalam piring kecil imut. Minumnya cukup teh hangat.

"Sambalnya irit banget, ya?" komen pak supir.

"Coba saja, Pak!" jawab temanku nyengir.

Bismillah, kami pun mencicipi hidangan masing-masing. Ulala, sambalnya pedas bingiiit! Haha. Ada dendam apa sih Cak Koting pada kami? Huhu #curiga.

Bebek Goreng Cak Koting di Yogya

Benar deh cerita temanku bukan dongeng semata. Bebek dan ikannya maknyus, renyah dan gurih. Apalagi dicocol sambal andalan warung ini. Nggak heran kalau warung ini termasuk hits di Yogya.

Bebeknya nggak amis dan terasa gurih di lidah. Apalagi kalau disantap hangat ya. Selain bebek dan ikan, ada juga menu ayam, gurame dan nila yang bisa diolah dengan cara bakar atau goreng.

Warung ini buka pukul 09.00 pagi dan tutup pukul 23.00, jadi jangan lewatkan ya Pejalan Santai kalau sedang menjelajah Yogya.

Warung Makan Cak Koting
Jalan Dokter Sutomo No.57, 
Bausasran, Danurejan, Yogya.  
(Seberang Bioskop Mataram)
Buka Setiap Hari Pukul 09.00-23.00 wib



You Might Also Like

7 comments

  1. Saya belum coba bebeknya. Biasanya lebih suka Bebek yang sudah dikenal itu hahahahahhaha. Bisalah sesekali nanti mampir ke sini

    ReplyDelete
  2. Ngileeerrr Mba. Tanggung jawab dong bikin aku ngiler. :( Kalo ke Jogja, aku mau ke siniii...

    ReplyDelete
  3. Enaknya keknya ni mbak, tapikan sayangnya saya jauh disumatera hehe.

    ReplyDelete
  4. waah bisa jadi referensi kalo aku berlebaran di sana niih

    ReplyDelete
  5. Ternyata daging bebek itu enak ya, aku pikir alot, ternyata enggak

    ReplyDelete
  6. Aaaaakk ini warung makan paling rame di jalan gejayan mba Dew, hahaha. kapan ke sini lagi, mampir yaaa, deket rumahku,,,

    ReplyDelete
  7. Memang kalau dingin-dingin tuh bikin perut keroncongan dan pengennya yang anget-anget ya, Mba ^_^

    ReplyDelete