Menikmati Seruit di Lampung Timur

Menikmati seruit di Lampung Timur. Menyantap hidangan seruit bersama-sama atau nyeruit di rumah dinas Ibu Bupati Lampung Timur, Ibu Chusnaniah Chalim sangat berkesan untukku. 

Tradisi Seruit di Lampung Timur
Mari menikmati seruit di Lampung Timur

Ya, kami dijamu sangat meriah oleh Ibu Nunik, sapaan akrab ibu bupati selama berada di Lampung Timur. Kami juga menginap di rumah dinas beliau. Duh, jadi terharu.

Bang Indra, seleb Lampung dan pemilik blog www.duniaindra.com mengajak kami nyeruit. Hidangan yang menggugah selera ini disiapkan oleh ibu penjaga rumah dinas ibu bupati. 

Benar-benar bikin perut keroncongan setelah kami seharian ikut meliput Festival Panen Padi Lampung Timur di Raman Utara. Seruit adalah hidangan khas Lampung, terdiri dari berbagai jenis kuliner khas Lampung seperti pindang baung, tempoyak atau durian yang difermentasi dan banyak jenis lainnya. 

Tradisi Seruit di Lampung Timur
Bang Indra khusyuk mencampur seruit, sambal terasinya kebanyakaan

Cara makan seruit bersama-sama ini disebut nyeruit, biasanya  dilakukan oleh dua suku asli Lampung yaitu Suku Pepadun dan Suku Seibatin saat para anggota keluarga berkumpul bersama dalam suasana guyub. Biasanya mereka duduk lesehan di lantai. Ajiib ya!

Nyeruit adalah proses mencampur makanan yang terhidang anggota keluarga tertua lalu dimakan bersama. Seruit ini dimasukkan ke dalam Kekayaan Warisan Tak Benda oleh Diknas pada tahun 2015. 

Tradisi Seruit di Lampung Timur
Proses mencampur seruit oleh Bang Indra

Malam itu, menu seruit kami adalah pindang baung dengan kuah kuning dan asam segar, terong rebus, lalapan dan tentu saja sambal terasi dan sambal nanas yang nikmat. Bang Indra mengambil satu-persatu hidangan yang ada di meja. 

Pertama, sambal terasi sesendok, lalu sambal nanas, masukkan terong rebus atau mentah beserta sayuran lalapnya, lalu terakhir, tuangkan pindang baung secukupnya. Sudah selesai? Belum.
Tradisi Seruit di Lampung Timur
Tadaaa, seruit racikan Bang Indra pun jadiii
Campuran makanan di piring ini lalu Bang Indra aduk-aduk dengan tangan yang bersih hehe. Nah, adonan inilah yang kami nikmati bersama dalam nyeruit. 

Rasanya? 
Alhamdulillah, nikmat! Paduan sambal terasi pedas dan sambal nanas asam segar beserta hidangan lainnya bikin selera makan naik drastis. Nambah teruus! Pindang baungnya mantap, kenyal dan lembut serta tidak amis. Duh, ibunya jago masak banget. Terima kasih ya, Bu. 
Tradisi Seruit di Lampung Timur
Alhamdulillah makan bareeeng nikmaat di Lampung Timur

Seruit ini lebih nendang jika ditambah tempoyak, tahu, tempe atau ikan goreng. Lalapan khas Lampung biasanya oyong rebus, petai, jengkol, daun putik kencur, daun jambu mete muda hingga daun putik adas. Eksotis banget yaa...

Serunya lagi, kami bisa merekam acara nyeruit malam itu dan mengunggah foto, video dan artikel di medsos dan blog berkat sinyal kuat 4G XL yang sudah menjangkau 90% wilayah Indonesia. 
Tradisi Seruit di Lampung Timur
Nyeruit bersama keluarga blogger memang nikmaat 

Dengan jaringan 4G XL, kami para anggota Indonesia Corners lebih maksimal dalam meliput dan memperkenalkan wisata Lampung Timur. 

Kami bisa mengunggah foto dan video teman-teman bercengkrama dengan Rahmi dan April, gajah cilik di Way Kambas, Lampung Timur. Kalian bisa menonton video nyeruit Bang Indra di Instagram dan Youtube. Nggak pakai buffering, dong. Bebas stres karena sinyal ilang hihi. 

Ya, kegiatan kami lebih lancar, produktif dan semoga bermanfaat karena dukungan jaringan kuat XL di Indonesia.

Photo Courtesy of Yopie Pangkey
& Evi Indrawanto

You Might Also Like

32 comments

  1. oooh baru tahu nih seruit itu proses makan gitu kayak istilah prasmanan yak?

    Mantaap itu, habis makan pencuci mulutnya Duren tempoyak, saya belum terbiasa tapi bikin meleleh bayanginnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, lemak banaa..oh iya tempoyak durian jadi lauk karena duriannya hasil fermentasi.daku pun blom pernah nyicip..hihi

      Delete
  2. Penulis sejatilah, Mba Dew ini. Cepat sekali menulis kisah-kisah kita selama di Lampung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi lagi rajin ni Hanuum, biasanya juga ngga nulis lamaaa..

      Delete
    2. Eh ada sansadhia alias hanum di sini..nanti aku mampir ke blogmu ya, Num.

      Mba Dew, numpang nyolek Hanum di sini ya. Nanti salamin klo jalan2 bareng lg, dia temenku pas si bengkel novel dkj

      Delete
  3. Mba dedew baca nya jadi laper .. enak banget seruit buatan bang indra..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen yaa nyeruit bareng lagi, ngobrol ngakak2..

      Delete
  4. Duuh...penasaran sama yang namanya seruit ini, kayak apa rasanya. Pengen juga diajak jalan-jalan dong, mb Dew :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba, ntar yaa kalau ada info kucolek :)

      Delete
  5. Owalah seruit itu makanan yang dicampur campur yaa mb, klw d jawa nasi rames..iya bukan ya? suka yg kaya begini, bikin selera makan naik berlipat lipat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, hanya diaduk bener pakai tangan..

      Delete
  6. Aku suka banget sama sambel tempoyak.. Jadi ngilerr

    ReplyDelete
  7. Huhuuu sayang aku ga ikut jalan2 ke Lampung yaa. Nabung ah kali lain waktu bisa jalan bareng kitaah

    ReplyDelete
  8. Bisa nggak ya seruitnya pesen yang non ikan dan non durian hahahaaa...

    ReplyDelete
  9. Liputan bermanfaat, baru tahu ada istilah Seruit dan Nyeruit..^_^

    Masukin travelling dream list ah..

    ReplyDelete
  10. makanannyaaa bikin ngiler, nanti ah kapan2 bikin ngintip resep dulu hehehe

    ReplyDelete
  11. Baca menunya aja terbit air liur, endess! Apalagi makannya bareng-bareng sama teman Blogger ya :)

    ReplyDelete
  12. Pengen nyobain Daun putik kencur sama daun mete mbak, belum pernah. Rasanya gimana ya?

    ReplyDelete
  13. Aku belum makan teh, jadi lapar ni masih di kantor hiks
    XL emang dahsyat ya teh 4G-nya.

    ReplyDelete
  14. Wah durian tempoyak jadi inget aomarhumah uwaku kakak mamahku mbak dew, beliau bisa bikin tampoyak duren, kalau gak salah asam pedas, kalau di lidahku asing soalnya kan duren buah kok dijadiin lauk, pernah liat uwakku dulu kalau fermentasi durennya di toples, dikasih cuka ama cabe gitu ya lupa lagi, soalnya suami uwa seneng banget makan pake tampoyak duren karena asli sumatera, lampung sekarang tanteku disana bareng suamina 😊

    ReplyDelete
  15. Aku penasaran sama seruit.. rasanya pengen nyobain deh

    ReplyDelete
  16. Aku juga kangen seruit dan terutama kangen kongko kongko kita malam itu. Bisa begitu seru yah ngumpul rame-rame.

    ReplyDelete
  17. Gimana rasanya tempoyak durian itu ya mba, jadi lauk juga? Bener2 penasaran nih

    ReplyDelete
  18. Aku baca ini langsung laper mb dew.....

    ReplyDelete
  19. yummyyyy . Lampung Timur ternyata kulinernya akulturasi Jawa Sumatera ya... perlu dicoba nih. Terimakasih tulisannya

    ReplyDelete
  20. Penasaran sambal terasi campur nanas... hhhmmm...pedes2 seger ya mbak

    ReplyDelete
  21. Unik banget ya.

    Aku pikir tadi seruit itu nama makanan 😄

    ReplyDelete
  22. Cadas banget ya si bang indra peragain makan seruit. Aku kemaren ada liat videonya juga mbak dedew.


    Mbak blognya dibuka dong setting komen Name dan URl.

    deddyhuang.com

    ReplyDelete
  23. kalo nggak salah seruit itu belut ya mbak ??????

    ReplyDelete